Cara Mematikan Fitur Webcam di Macbook

By mano 6 years ago

Cara Mematikan Fitur Webcam di Macbook – Dalam beberapa tahun terakhir, komputer desktop dan laptop Mac dari Apple hadir dengan fitur builtin kamera iSight, kecuali pada Mac Mini. Kamera iSight ini memiliki beragam manfaat, mulai dari penggunaan fitur Facetime ataupun berbagai jenis aplikasi lain.

Keunggulan dari Produk Apple

Hanya saja, kekhawatiran yang muncul pada webcam Mac, terutama kalau komputer terhubung dengan internet. Sebuah penelitian mengungkapkan kalau webcam Mac dapat digunakan sebagai sarana untuk aktivitas penyadapan. Bahkan, hal ini dapat dilakukan tanpa sepengetahuan pemilik Mac.

Anda tentunya tidak ingin aktivitas sehari-hari di depan laptop ataupun komputer diketahui orang lain, kan? Terlebih kalau Anda adalah seorang yang memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan.

Lalu, bagaimana cara untuk menghindari risiko penyadapan itu? Ada dua metode yang bisa digunakan. Pertama, Anda bisa mengaktifkan fitur Parental Controls dan mencentang kotak ‘Disable built-in camera’. Kedua, Anda juga dapat mematikan key file yang tersimpan pada folder system library.

Sebelum mencoba langkah kedua ini, Anda perlu berhati-hati. Karena file yang berada dalam folder ini sangat penting. Pihak Apple melakukan langkah preventif dengan menyembunyikan file ini pada kondisi pengaturan awal. Kalau sampai Anda salah dalam menghapus file, akibatnya fatal. Kalau ingin mencoba cara kedua ini, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Pastikan menu Finder muncul pada bagian pojok kiri atas layar.
  2. Klik Go dan pilih opsi Go To Folder dari menu drop-down.
  3. Setelah muncul kotak pencarian, ketik ‘/Library’ dan klik tombok OK.
  4. Cari dan buka folder bernama QuickTime.
  5. Berikutnya, temukan file bernama ”QuickTimeUSBVDCDigitizer.component”.
  6. Anda bisa mematikan webcam pada Mac dengan menghapus keberadaan file ini. Namun, sebagai langkah berjaga-jaga, jangan lupa untuk mem-backup file ini terlebih dulu, ya!

Setelah langkah-langkah tersebut dijalankan, maka komputer Mac akan tidak akan mendeteksi keberadaan kamera. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir adanya kemungkinan penyadapan yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Langkah-langkah di atas tidak begitu sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu berhati-hati dalam menghapus file yang tersimpan pada folder system library. Selamat mencoba, ya!

Category:
  
this post was shared 0 times
 000