Cara Mengatasi Mac yang Freeze atau Hang

By mano 1 month ago

5 Cara Mengatasi Mac yang Freeze atau Hang-Setiap komputer bisa mengalami freeze atau hang. Pada kondisi tersebut, komputer tidak bisa dioperasikan hingga akhirnya solusi yang bisa dipilih adalah mematikannya secara paksa. Dan, hal ini juga bisa terjadi pada komputer Mac dari Apple sekalipun.

Lalu, bagaimana cara mengatasi permasalahan seperti ini? Ternyata tidak begitu sulit. Berikut ini adalah lima permasalahan yang kerap membuat Mac hang atau freeze dan cara mengatasinya:

Cara Mengatasi Mac yang Freeze atau Hang

  1. Time Machine yang tengah berjalan

Time Machine merupakan fitur dari Mac yang berguna untuk melakukan backup data. Proses backup ini pun membutuhkan proses yang cukup lama, terutama kalau terdapat file-file berukuran besar di dalam komputer. Selain itu, pada saat Time Machine berjalan, komputer juga akan mengalami penurunan performa.

Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya Anda menghentikan aktivitas lain yang dilakukan di dalam komputer. Alternatif lainnya, Anda bisa melakukan pengecualian proses backup oleh Time Machine untuk file-file yang berukuran besar.

  1. Kekurangan RAM

Kapasitas RAM yang terlalu kecil juga bisa menyebabkan komputer hang. Terutama kalau komputer kerap digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi yang berat secara bersamaan. Anda pun bisa mengetahui informasi penggunaan RAM oleh sistem komputer melalui Activity Monitor.

  1. Kesalahan aplikasi

Komputer hang juga bisa diakibatkan karena adanya kesalahan dalam sebuah aplikasi. Untuk mengetahui hal ini tidak terlalu sulit. Setiap ada kesalahan pada sebuah aplikasi, sistem pada Mac akan selalu memunculkan notifikasi. Anda pun tinggal mengengklik tombol Reopen untuk membuka aplikasi tersebut kembali dan sekaligus melaporkan adanya kesalahan kepada Apple.

  1. Force Quit atau Tutup Paksa

Cara yang efektif ketika komputer Mac mengalami hang adalah dengan memanfaatkan fitur Force Quit. Fitur ini dibuat digunakan untuk menutup sebuah aplikasi yang tengah hang atau mengalami kesalahan. Ada beberapa cara dalam menggunakan Force Quit di Mac, yakni:

  • Menggunakan shortcut Command + Option + Escape
  • Menuju ke Activity Monitor dengan cara, Finder > Applications > Utility > Activity Monitor. Di sini, Anda bisa menutup paksa aplikasi dengan menekan opsi Kill Process.
  • Menekan tombol Option + klik kanan untuk memunculkan jendela Dock. Di sini, Anda bisa menemukan pilihan Force Quit pada aplikasi yang hang.
  1. Me-restart komputer

Kalau Force Quit ternyata kurang ampuh dalam menutup aplikasi yang tengah hang atau sistem pada Mac yang tidak responsif, pilihan berikutnya adalah dengan melakukan restart komputer.

Selamat mencoba, dan semoga dengan lima tips tersebut, komputer Mac yang hang bisa teratasi.

Category:
  
this post was shared 0 times
 000